Rabu, 30 Januari 2013

Renungan Hari Rabu Biasa III-C

Renungan Hari Rabu Biasa III, Thn C/I
Bac I : Ibr 10: 11 – 18; Injil       : Mrk 4: 1 – 20

Dalam Injil hari ini Yesus memberikan pengajarannya dalam bentuk perumpamaan. Tujuan Yesus dengan perumpamaan ini adalah agar pesan ajarannya mudah dimengerti. Karena itu, Yesus mengampil perumpamaan dari kehidupan masyarakat, apa yang dilakukan masyarakat atau kebiasaan masyarakat setempat.

Perumpamaan yang disampaikan Yesus adalah dari dunia pertanian. Dua hal penting dalam dunia pertanian adalah benih dan tanah. Yesus mengandaikan bahwa setiap petani selalu menyiapkan benih yang paling baik. Yang jadi persoalannya adalah tanahnya. Dalam perumpamaan itu, Yesus menunjukkan adanya empat jenis tanah: tanah pinggiran jalan, tanah berbatu, tanah semak duri dan tanah yang baik.

Dengan perumpamaan ini, khususnya dengan menampilkan empat jenis tanah, setiap pendengar dihadapkan pada pertanyaan yang tertuju pada diri sendiri: Saya masuk jenis tanah yang mana? Dan inilah yang dikehendaki Tuhan pada kita. Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk berefleksi, melihat diri kita sendiri dengan bertanya, "Apakah saya masuk kategori tanah pinggiran jalan atau tanah berbatu atau tanah semak berduri atau tanah yang baik?"

Jawabannya ada di dalam hati kita masing-masing. Hanya Tuhan dan diri kita yang tahu. Orang lain akan tahu saat kita menghasilkan buah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar