Kamis, 02 Agustus 2012

Renungan Hari Kamis Biasa XVII - Thn II

Renungan Hari Kamis Pekan Biasa XVII B/II
Bac I  Yer 18: 1 – 6 ; Injil       Mat 13: 47 – 53

Injil hari ini berkisah tentang kerajaan sorga, khususnya soal akhir zaman. Dijelaskan melalui perumpamaan bagaimana proses “pengadilan” akhir yang diawali dengan penjaringan, pengumpulan lalu kemudian penyortiran. Dalam perumpamaan itu dikatakan bahwa para nelayan memilih ikan-ikan yang baik dan membuang ikan-ikan yang jelek. Tampak jelas bahwa wewenang ada di tangan para nelayan itu. Merekalah yang lebih tahu mana ikan yang baik dan mana ikan yang tidak baik.

Perumpamaan itu mau menjelaskan proses “pengadilan” akhir zaman. Yesus mengatakan bahwa tugas para malaikat untuk menyortir manusia ke dalam dua bagian: yang baik dan yang tidak baik. Yang baik akan menikmati kebahagiaan dalam sorga, sedangkan yang tidak baik masuk ke dalam api neraka. Inilah gambarannya.

Yang menarik dari kisah Injil ini adalah bahwa para malaikat itu menjalankan tugasnya seperti para nelayan. Merekalah yang memilih. Dan mereka benar-benar tahu mana manusia yang baik dan yang tidak baik. Sementara manusia bersikap berserah. Manusia, pada saat itu, tidak bisa memberontak menganggap dirinya baik. Manusia, sama seperti ikan, hanya berserah.

Di sini sabda Tuhan mau mengatakan kepada kita bahwa pilihan ada di tangan kita masing-masing. Kita tahu akhir ceritanya: yang baik akan masuk ke dalam pasu (sorga), sedangkan yang tidak baik akan dicampakkan ke dalam dapur api. Hal ini memberi kesempatan peluang kepada kita untuk melihat dan mengenal diri sendiri: apakah kita masuk kategori baik atau tidak baik. Jika kita mendapat diri kita tidak baik, maka sabda Tuhan juga memberi kesempatan untuk berubah. Persoalannya, maukah kita???

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar