Jumat, 13 Juli 2012

Renungan Hari Jumat Biasa XIV - Thn II

Renungan Hari Jumat Pekan Biasa XIV B/II
Bac I    Hos 14: 2 – 10 ; Injil    Mat 10: 16 –23

Bacaan Injil hari ini adalah kelanjutan Injil kemarin. Yesus mengutus para murid-Nya. Kemarin sudah sedikit diungkapkan satu tema, yaitu membangun sikap berserah diri kepada Allah. Para murid diminta untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal materi dan kenyamanan, bukan sekedar untuk fokus pada tugas tetapi juga membangun sikap berserah pada Tuhan. Allah-lah yang akan mengaturnya.

Hari ini tema itu dilanjutkan. Yesus menasehati bahwa para murid nanti akan menghadapi tantangan dan rintangan. Pengutusan ini diibaratkan Yesus seperti mengirim domba ke kawanan serigala: penuh rintangan dan derita.

Akan tetapi para murid diyakini Yesus agar tidak perlu takut dan cemas. Sikap berserah diri pada Allah yang sudah ditanamkan kemarin diperkuatkan lagi hari ini. Para murid diminta untuk berserah diri pada Allah. Tuhan akan mengatur semuanya. Tuhan akan melndungi mereka.

Sabda Tuhan ini mau menyadarkan kita, manusia modern ini. Pertama, kita disadarkan akan tugas panggilan kita. Sebagai murid Kristus, kita terpanggil untuk ambil bagian dalam tugas perutusan Kristus di dunia kita saat ini. Dalam melaksanakan tugas kita ini, kita tak perlu takut akan bahaya dan tantangan. Tantangan yang ada bukan untuk ditakuti melainkan untuk dihadapi. Tuhan adalah jaminan hidup kita.

Untuk itulah, hal kedua yang perlu disadari adalah agar kita membangun sikap berserah diri pada Tuhan. Biarkanlah hidup kita diatur oleh-Nya. Biarkanlah diri kita menjadi alat bagi Dia demi kemuliaan nama-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar