Kamis, 16 Januari 2020

TALKMANIA TELKOMSEL MENIPU


Pada tanggal 10 Januari, sekitar jam 07.00 WIB, saya mengirim pesan “TM ON” ke 8999, untuk menikmati fasilitas paket talkmania yang disediakan operator telkomsel. Selang beberapa detik kemudian muncul sms balasan yang menyatakan paket talkmania 1 hari telah aktif. Paket talkmania berlaku hingga tanggal 10/01/2020. Memang ada ketentuan paket talkmania ini. Misalnya, nelpon 500 menit sesama Telkomsel dan operator lain hanya 10 menit.
Keterangan “1 hari” dan juga “berlaku hingga tanggal 10/01/2020” membuat orang akan berpikir bahwa paket talkmania ini berlaku hingga pukul 00.00 atau 24.00 WIB. Setidaknya saya berpikir demikian. Dan ini didukung dengan sms peringatan dari 8999 pada tengah malam bahwa paket talkmania berakhir pada tanggal 10/01/2020 jam 23.59 WIB. SMS seperti ini biasa saya terima jika saya menggunakan fasilitas paket talkmania.
Karena merasa masih dalam masa paket talkmania, pada malam hari saya memutuskan untuk menelpon. Saya yakin itu karena sejak jam 07.00 hingga 16.30 WIB jumlah waktu yang saya pakai untuk menelpon belum sampai 500 menit (sekitar 8 jam). Masih hari dan tanggal yang sama, sekitar jam 22.00 WIB saya menelpon seorang teman. Kami tinggal di Kepulauan Riau, hanya beda kabupaten dan pulau. Kami sama-sama menggunakan kartu telkomsel. Sebelum menelpon, saya sempat mengecek sisa pulsa saya, yaitu sekitar 13-an ribu. Saya tidak ingat persis tiga angka di belakangnya. Kami berbicara tak lebih dari 20 menit.

Malam itu saya hanya menelpon 1 orang dan kami bicara singkat. Selesai menelpon saya mengecek sisa pulsa. Dan ternyata sisa pulsa saya tinggal Rp. 5.635,- Jadi, pulsa saya hilang sekitar 7 ribuan, sekalipun sebenarnya saya masih dalam masa paket talkmania.
Secara tak langsung pihak telkomsel telah memakan pulsa saya sekitar 7 ribuan. Saya merasa tertipu. Telkomsel menipu dengan sms yang selalu mereka kirim tengah malam bahwa paket TALKMANIA akan berakhir pada jam 23.59 WIB. Pesan ini membuat orang berpikir bahwa paket talkmania yang dibeli berlaku 1 hari, mulai jam 00.00 hingga 23.59 WIB. Akan tetapi, itu tidak benar, karena terbukti saya menelpon pada jam 22.00 WIB sudah dikenakan tariff biasa.
Terus terang saya sangat kecewa. Namun saya masih punya harapan dengan telkomsel, karena dia merupakan perusahaan milik negara. Kalau bukan saya, siapa lagi yang akan mengembangkannya. Saya harus mencintai perusahaan negara sendiri. Oleh karena itu, saya mengharapkan agar pihak telkomsel benar-benar hadir untuk kepentingan warga negara, bukan memanfaatkan warganya dengan cara menipu. Hal ini dapat ditempuh dengan memberikan informasi yang jelas.
Demikianlah cacatan kecil saya buat TELKOMSEL. Saya berharap pihak telkomsel dapat memberikan informasi yang jelas dan benar. Seperti dalam kasus saya, setelah membeli paket talkmania, pihak telkomsel harus memberikan kepastian berlaku hingga jam berapa paket saya. Selain itu, sms malam yang mengatakan paket talkmania berakhir hingga jam 23.59 harus ditiadakan, karena sms itu membingungkan.
Lingga, 12 Januari 2020

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar