Selasa, 10 Maret 2015

Renungan Hari Selasa Prapaskah III - B

Renungan Hari Selasa Prapaskah III, Thn B/I
Bac I    Dan 3: 25, 34 – 43; Injil                   Mat 18: 21 – 35;

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal kemurahan dengan berangkat dari kemurahan Tuhan. Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Nabi Daniel, diungkapkan lewat doa Azarya kemurahan Tuhan kepada umat manusia. Kemurahan ini lebih ditekankan pada anugerah-anugerah yang diterima umat dari Tuhan. Di sini tampak bahwa Tuhan senantiasa peduli akan kehidupan umat manusia, dan tidak akan membiarkan mereka binasa, sekalipun waktu itu tidak ada pemimpin, nabi, pemuka dan penguasa. Namun umat tetap dalam pemeliharaan Tuhan.

Dalam Injil hari ini, kemurahan Tuhan terletak pada pengampunan. Hari ini Injil menceritakan pengajaran Tuhan Yesus tentang pengampunan. Di sini terlihat betapa raja begitu murah hati sehingga menghapus utang orang yang berutang kepadanya. Inilah gambaran kemurahan hati Allah yang mau menghapus dosa umat-Nya. Akan tetapi, kemurahan ini tidak hanya menyentuh Tuhan saja. Tuhan Yesus mengajak para pendengar-Nya untuk berlaku murah hati juga kepada sesama.

Saat ini kita masih berada dalam masa prapaskah. Dalam masa ini kita diajak untuk mengakui dosa-dosa dalam sakramen tobat. Sakramen tobat merupakan wujud kemurahan Allah yang mengampuni dosa kita. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa Allah itu maha murah. Kemurahan hati Allah terlihat pada kesediaan Dia mengampuni dosa kita, asal kita mau menyesali dan mengakuinya. Melalui sabda-Nya, Tuhan juga mengajak kita untuk berlaku murah hati kepada sesama. Karena itu, pada masa ini, selain tobat kita juga diajak untuk beramal kasih. Ini sebagai wujud kemurahan hati kita kepada sesama.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar