Senin, 17 Maret 2014

Renungan Hari Senin Prapaskah II - A

Renungan Hari Senin Prapaskah II, Thn A/II
Bac I   : Dan 9: 4b – 10; Injil        : Luk 6: 36 – 38

Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Daniel, penulis menyampaikan seruan atas nama rakyat Yahudi. Ia menyatakan kalau rakyat sudah berdosa terhadap Allah dengan berlaku fasik, tidak mengindahkan perintah Allah. Ini adalah dosa kesombongan, lebih mengandalkan diri sendiri dan mengesampingkan peran Allah.

Sejalan dengan seruan Daniel di atas, dalam Injil Yesus mengajak para murid-Nya untuk tidak berlaku sombong, melainkan bersikap murah hati. “Hendaklah kamu murah hati...” (ay. 36). Sikap tidak sombong atau sikap murah hati itu kemudian dijabarkan dengan sikap-sikap lain seperti tidak menghakimi atau menghukum orang lain dan mengampuni sesama.

Sabda Tuhan hari ini menarik untuk kita renungkan. Seruan Daniel ini menjadi seruan manusia jaman sekarang. Dan ajakan Yesus kepada para murid-Nya juga tertuju kepada manusia jaman sekarang. Apalagi saat ini merupakan masa prapaskah, masa tobat. Sejalan dengan masa prapaskah, sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk bertobat, mengakui dan menyesali dosa dan meninggalkannya serta kembali kepada Allah. Salah satu buah pertobatan, seperti yang dipesankan Tuhan lewat sabda-Ny hari ini adalah berlaku murah hati.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar