Sabtu, 31 Agustus 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa XXI-C

Renungan Hari Sabtu Biasa XXI, Thn C/I
Bac I   : 1Tes 4: 9 – 11; Injil         : Mat 25: 14 – 30

Salah satu tema sabda Tuhan hari ini adalah kesungguhan. Dalam suratnya yang pertama kepada Jemaat di Tesalonika, Paulus meminta kesungguhan para jemaat. Kesungguhan itu dalam hal kasih. Dalam permintaan itu, bukan berarti Paulus meragukan penghayatan kasih mereka atau penghayatan kasih mereka tidak serius. Penghayatan kasih itu memang sudah ada dan serius, namun Paulus meminta agar lebih sungguh lagi. Hal ini bisa dipahami bahwa menjadi murid Yesus tidak bisa hana sekedar atau setengah-setengah, melainkan dituntut lebih.

Kesungguh juga menjadi tema dalam perumpamaan Yesus tentang talenta. Bukan soal banyak atau sedikitnya, melainkan kesungguhan dalam mengembangkan talenta itu. Sekalipun mendapatkan talenta sedikit, namun jika dengan kesungguhan mengembangkannya, maka talenta itu akan menghasilkan laba. Dan ini tentulah mendatangkan kebahagiaan tuan yang empunya talenta.

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa diri kita masng-masing sudah menerima “talenta” dari Tuhan. Tuhan menghendaki agar kita mengembangkan talenta tersebut. Mengembangkan talenta itu berarti kita telah bertanggung jawab. Dan untuk mengembangkan talenta itu, kita dituntut untuk bersungguh-sungguh.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar