Senin, 03 Juni 2013

Renungan Hari Senin Biasa IX-C

Renungan Hari Senin Biasa IX, Thn C/I
Bac I   : Tb 1: 3, 2: 1 – 8; Injil       : Mrk 12: 1 – 12

Bacaan pertama dan Injil hari ini menampakkan perbedaan sikap antara Tobit dengan para penggarap, dalam perumpamaan Yesus. Dalam bacaan pertama ditampilkan sosok Tobit, yang sekalipun menduduki posisi ‘enak’, namun dia masih ingat akan masa lalunya dan akan saudara-saudaranya. Posisi ‘enak’ itu tidak ingin dinikmatinya sendiri.

Hal ini berbeda dengan gambaran para penggarap. Mereka benar-benar “kacang lupa akan kulitnya.”  Posisi ‘enak’ yang mereka terima ingin dinikmati sendiri. Mereka tidak mau berbagi, apalagi berterima kasih. Malahan, orang-orang yang datang mengusik posisi ‘enak’ mereka ini disingkirkan, bahkan dibunuh.

Gambaran para penggarap dalam perumpamaan Yesus dalam Injil ini mengungkapkan realitas kita saat ini. Kebanyakan orang lupa akan masa lalu dan orang lain ketika sudah menduduki jabatan atau mendapatkan kepuasan sendiri. Orang menjadi egois, ingin merasakan dan menikmati kepuasan itu bagi dirinya sendiri. Setiap orang yang mengusik akan disingkirkan.

Tuhan menghendaki agar kita mengambil sikap seperti Tobit. Kebahagiaan atau kepuasan yang kita dapat hendaknya tidak menyilaukan mata kita, melainkan tetap menyadarkan kita untuk tetap bersikap sosial. Tuhan mengajak kita untuk saling berbagi satu sama lain.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar