Sabtu, 01 Juni 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa VIII-C

Renungan Hari Sabtu Biasa VIII, Thn C/I
Bac I   : Sir 51: 12 – 20; Injil         : Mrk 11: 27 – 33

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara tentang kebijaksanaan. Putra Sirakh, dalam bacaan pertama, mengisahkan betapa kebijaksanaan itu sangat berharga. Karena begitu berharganya, maka ia memperjuangkannya dengan hati dan mengarahkan hati kepadanya (Sir 51: 19 – 20). Kebijaksanaan itu bersumber dari Tuhan dan dipergunakan untuk sesama, bukan untuk diri sendiri.

Yesus menyadari betapa imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Mereka tidak bijaksana, namun berlaku seolah-olah bijaksana. Karena itulah Yesus mengajukan pertanyaan bijak untuk menguji kebijaksanaan mereka. Dan ternyata mereka hanya mementingkan kepentingannya saja.

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita jangan meniru para imam kepala, ahli Taurat dan tua-tua yang berlagak bijaksana tetapi tidak bijaksana. Tuhan menghendaki agar kita selalu mengejar dan melakukan kebijaksanaan dalam kehidupan kita. Melakukan kebijaksanaan berarti juga melakukan kebaikan kepada sesama kita. Dan itulah yang dikehendaki Tuhan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar