Kamis, 13 Juni 2013

Renungan Hari Kamis Biasa X-C

Renungan Hari Kamis Biasa X, Thn C/I
Bac I   : 2Kor 3: 15 – 4: 1, 3 – 6; Injil     : Mat 5: 20 – 26

Dalam Injil hari ini Yesus secara tidak langsung mengkritik sikap hidup kaum Farisi dan ahli taurat dengan mengajak umat Israel untuk tidak mencontohi teladan hidup mereka. Tentulah kita heran, kenapa demikian. Bukankah mereka itu adalah tokoh agama yang tahu dan paham urusan agama?

Memang ahli Taurat dan kaum Farisi mengerti soal agama. Akan tetapi pengetahuan agama hanya berhenti pada tataran otak saja, tidak sampai pada tindakan nyata. Dari segi intelek memang umat amat lemah. Maka diharapkankan diimbangi dengan perbuatan. Nah, untuk perbuatan ini Yesus meminta mereka untuk tidak meniru kaum Farisi dan ahli Taurat.

Paulus dalam suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus mengajak umat untuk menghidupi Injil Yesus Kristus yang diwartakannya. Dalam warta itu ada kemerdekaan. Umat diajak untuk tidak hanya berhenti pada pemahaman ajaran Yesus, melainkan mempraktekkannya.

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita senantiasa menghayati ajaran Yesus dalam kehidupan ini. Kritik Yesus kepada para pemuka agama, menjadi kritik Yesus juga kepada pemuka agama saat ini, yaitu para imam. Karena kehidupan para imam saat ini tidak jauh berbeda dengan kehidupan kaum Farisi jaman Yesus. Maka itu, umat diminta untuk tidak mengikuti teladan buruk mereka.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar