Sabtu, 21 Juli 2012

Renungan Hari Sabtu Biasa XV - Thn II

Renungan Hari Sabtu Pekan Biasa XV B/II
Bac I    Mi 2: 1 – 5; Injil    Mat 12: 14 – 21

Dalam Injil dapat disaksikan bagaimana sebenarnya Yesus dengan mudah meraih popularitas. Akan tetapi Yesus tidak menginginkan hal itu. Yesus menolak gelar “pahlawan” bagi kaum kecil yang tertindas. Dengan tegas Ia menolak semua gelar itu. Dia tak mengharapkan pujian dari orang lain, termasuk yang ditolongnya.

Sikap rendah hati Yesus ini ternyata sesuai dengan sikap Hamba pilihan Allah, yang dinubuatkan nabi Yesaya. Sekalipun ia melakukan kebaikan, namun ia tidak mau menikmati pujian dari kebaikannya itu.

Dalam sabda Tuhan hari ini, kita diajak untuk mencontohi teladan Yesus. Sikap-Nya yang rendah hati mau menolak popularitas dan tetap hidup dengan rendah hati.

Sering kita memiliki kecenderungan menikmati pujian dari orang yang merasakan kebaikan yang kita lakukan. Tak jarang juga kita suka tampil seperti pahlawan, karena telah melakukan kebaikan, bahkan dengan mempermainkan penderitaan orang lain.

Kita tak mau orang lain yang melakukan kebaikan meski sebenarnya bisa, hanya karena kita mau dipuji sebagai pahlawan. Sikap ini harus disingkirkan. Sebagai murid Yesus, sebagai pengikut Yesus, kita harus mencontoh sikapnya yang tidak mau menjadi “pahlawan” meski peluang itu terbuka lebar.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar