Minggu, 15 Juli 2012

Renungan Hari Minggu Biasa XV - B

Renungan Hari Minggu Pekan Biasa XV B/II
Bac I       : Am 7: 12 – 15; Bac II   : Ef 1: 3 – 14
Injil            : Mrk 6: 7 –13
Sabda Tuhan pada kita hari ini mau berbicara soal perutusan. Bacaan pertama bercerita tentang nabi Amos yang diutus Allah. Dalam bacaan kedua, Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, mensyeringkan perutusan Yesus dan juga Roh Kudus. Dalam syering itu Paulus mau menyadarkan umat bahwa umat saat ini terlibat dalam perutusan itu. Dan dalam bacaan Injil dikisahkan tentang Yesus mengutus para murid-Nya.

Kesamaan lain dari bacaan-bacaan hari ini adalah bahwa sumber dari perutusan itu adalah Allah. Tuhan-lah yang telah memilih orang untuk diutus-Nya. Adalah kehendak Allah untuk memilih atau menentukan orang dan mengutusnya.

Perutusan para murid Yesus dalam Injil tadi sangat menarik dan penting. Mereka dipanggil, dipilih dan diutus kepada umat untuk mendapatkan keutuhan hidup. Keutuhan hidup itu harus dimulai dari pertobatan. “Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat.” (ay. 12). Dalam pertobatan, manusia diminta untuk meninggalkan kesia-siaan dan mau kembali hidup bersama dengan Allah. Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus mengatakan bahwa penebusan yang dilakukan Yesus membuat kita menjadi milik Allah. (ay. 14).

Apa pesan sabda Tuhan pada kita? Hari ini, lewat firman-Nya kita disadarkan akan tugas perutusan kita yang kita terima melalui sakramen baptis. Dengan baptisan yang kita terima, kita menyatukan diri kita dalam tugas perutusan Yesus. Sama seperti para murid, kita diutus untuk mengembalikan keutuhan hidup. Dan untuk itu, kita perlu bertobat.
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar