Senin, 10 Februari 2020

INILAH VITAMIN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH


Ada pepatah dalam dunia kesehatan yang berbunyi, “Sebuah apel sehari dapat menjauhkan kita dari dokter.” Kedengarannya agak sulit diterima, namun ada benarnya. Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin dapat membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga menghindari kita dari penyakit.
Kebutuhan vitamin mungkin terlihat sepele, namun hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Tubuh membutuhkan ‘senjata’ untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit. Seorang ahli diet, Julia Zumpano, RD, LD, mengajak kita melihat vitamin lebih dekat dan makanan apa saja yang mengandung vitamin di dalamnya, serta bagaimana mereka dapat membantu kita tetap sehat.
Vitamin C
Vitamin ini adalah salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Kekurangan vitamin C beresiko membuat tubuh lebih rentan sakit. Makanan yang kaya akan vitamin C termasuk jeruk, jeruk bali, jeruk keprok, stroberi, paprika, bayam, kangkung dan brokoli.
Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik, karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Vitamin ini ada dalam begitu banyak makanan (selain yang telah disebut di atas), sehingga orang tak perlu lagi mengonsumsi suplemen vitamin C, kecuali disarankan dokter.
Vitamin B6

Sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan, seperti salmon dan tuna. Selain itu Vitamin B6 ini ditemukan juga dalam sayuran hijau seperti boncis.
Vitamin E
Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.
ITULAH 3 vitamin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketiganya bisa didapat dengan mengonsumsi makanan. Dengan kata lain, cara terbaik untuk mendapatkan ketiga vitamin tersebut adalah dengan mendapatkannya langsung dari makanan, bukan dari suplemen. Beberapa suplemen mungkin mempunyai efek samping. Selain itu, suplemen juga dapat menyebabkan masalah jika kita memiliki kondisi kesehatan tertentu.
Zumpano mengatakan, sangat penting untuk menghindari mengonsumsi suplemen vitamin E. Bukan hanya karena sedikitnya penelitian klinik yang menunjukkan suplemen vitamin E bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga adanya kemungkinan yang berbahaya dalam beberapa situasi. Karena itu, para ahli menegaskan untuk mendapatkan asupan vitamin E langsung dari sumber makanan ketimbang suplemen.
Selain mengonsumsi vitamin, menjaga tubuh tetap terhidrasi juga terbukti dapart meningkatkan kekebalan tubuh. Air membantu tubuh memproduksi getah bening yang membawa sel darah putih dan sel kekebalan tubuh lainnya. Soal air ini, selain dengan minum langsung, dapat juga diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang menghidrasi, seperti mentimun, seledri atau semangka.
diolah kembali dari Lifestyle Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar