Minggu, 18 Agustus 2013

Sharing Injil

SHARING  7  LANGKAH

Langkah I        : Mengundang Tuhan
Sebagai umat beriman, hendaknya setiap kegiatan selalu diawali dengan doa. Karena itu pula, sharing 7 langkah pun diawali dengan mengundang Tuhan lewat doa. Pemimpin meminta kesediaan salah seorang peserta untuk memimpin doa.

Langkah II       : Mendengarkan Sabda
Setelah doa pembukaan, pemimpin meminta salah seorang membacakan teks Kitab Suci yang sudah disiapkan. Pada saat Kitab Suci dibacakan, peserta yang lain duduk tenang MENDENGARKAN. Pembaca hendaknya membacakan teks KItab Suci dengan suara lantang dan secara perlahan-lahan. Setelah selesai, pemimpin meminta salah seorang lain lagi untuk membacakan teks Kitab Suci; atau pemimpin sendiri yang membacanya. Sesudah itu berikan waktu hening sejenak kepada peserta untuk meresapkan sabda Tuhan. Di sini peserta dapat membaca sendiri teks Kitab Sucinya.

Langkah III      : Mengutip Kitab Suci
Peserta mengajak peserta untuk membaca dalam hati teks Kitab Suci. Sambil membaca, peserta diminta untuk mencari kata, frase atau kalimat yang menyentuh hatinya. Kemudian pemimpin meminta peserta untuk mengutip kata, frase  atau kalimat yang menyentuh hatinya tadi dan menyebutkannya sebanyak tiga kali dengan jedah di antaranya. Setiap peserta diberi kesempatan bergilir. Peserta diharapkan tetap memperhatikan dan menjaga suasana doa.

Langkah IV     : Merenungkan Kutipan
Setelah semua peserta menyampaikan sesuatu yang menyentuh hatinya sebanyak tiga kali, pemimpin mengajak peserta untuk masuk dalam suasana hening selama ± 15 menit. Dalam keheningan ini peserta diminta untuk merenungkan kutipannya tadi: mengapa tertarik dengan kutipan tadi, apakah ada peristiwa dalam hidup yang berkaitan dengan kutipan tadi, atau kutipan tadi memberi inspirasi apa, mengajarkan apa. Pusat renungan adalah diri sendiri.

Langkah V      : Mensyeringkan Pengalaman
Pemimpin mengajak peserta untuk mensyeringkan pengalaman hidupnya berdasarkan kutipannya tadi. Setiap peserta harus membagikan pengalamannya. Isi sharing tidak didiskusikan atau diperdebatkan. Jika ada peserta lain yang ingin bertanya, pertanyaan bersifat informatif.

Langkah VI     : Memanjatkan Doa Permohonan
Setelah semua peserta selesai mensyeringkan pengalamannya berdasarkan kutipan Kitab Suci, pemimpin memimpin peserta untuk menyampaikan doa permohonan. Hendaknya juga doa permohonannya menggambarkan isi kutipannya tadi. Misalnya, jika kutipannya adalah “Cinta kasih”, maka dalam doanya kira-kira seperti ini: “Ya Tuhan, tumbuhkanlah benih cinta kasih dalam diri kami agar kami mampu hidup saling mengasihi.” Doa permohonan ditutup dengan doa Tuhan: Bapa Kami.

Langkah VII    : Melakukan Aksi Nyata

Kemudian pemimpin mengajak peserta untuk mengungkapkan aksi nyata yang bisa dilakukan, baik dalam kebersamaan kelompok maupun secara pribadi. Aksi nyata ini hendaknya sesuai dengan isi atau pesan Kitab Suci yang baru dibacakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar