UMUMNYA
anak-anak belum bisa menggunakan akal budinya. Mereka lebih mengutamakan
insting atau naluri. Akan tetapi, dari sanalah anak mulai membentuk konsep. Berikut
ini beberapa konsep seperti dilansir dari buku edisi kelima Elizabeth B.
Hurlock, yang berjudul “PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang
Rentang Kehidupan”. Para orangtua hendaknya mengetahui agar dengannya mereka
dapat membangun komunikasi dengan anaknya.
Kehidupan
Meskipun beberapa anak sulit untuk
mengerti bahwa banyak hal yang bergerak – seperti sungai, misalnya – bukan
merupakan sesuatu yang hidup, namun mereka semakin sadar bahwa gerakan bukanlah
satu-satunya criteria dari kehidupan.
Kematian
Anak yang mengalami kematian anggota
keluarga atau matinya hewan peliharaan, mempunyai pengertian yang baik tentang
makna kematian, dan bobot emosi dari konsepnya tentang kematian diwarnai oleh
reaksi-reaksi orang di sekitarnya.
Kehidupan setelah Mati
Konsep kehidupan setelah mati terutama
bergantung pada perintah agama yang diterima anak dan pada apa yang diyakini
oleh sesame temannya.
Fungsi-fungsi Tubuh
Sampai anak mulai mempelajari kesehatan di sekolah dasar, banyak konsep tentang fungsi tubuh yang kurang tepat dan kurang lengkap, terutama tentang fungsi tubuh internal.