Kamis, 12 Agustus 2021

INILAH KONSEP UMUM PADA MASA ANAK-ANAK

 


UMUMNYA anak-anak belum bisa menggunakan akal budinya. Mereka lebih mengutamakan insting atau naluri. Akan tetapi, dari sanalah anak mulai membentuk konsep. Berikut ini beberapa konsep seperti dilansir dari buku edisi kelima Elizabeth B. Hurlock, yang berjudul “PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Para orangtua hendaknya mengetahui agar dengannya mereka dapat membangun komunikasi dengan anaknya.

Kehidupan

Meskipun beberapa anak sulit untuk mengerti bahwa banyak hal yang bergerak – seperti sungai, misalnya – bukan merupakan sesuatu yang hidup, namun mereka semakin sadar bahwa gerakan bukanlah satu-satunya criteria dari kehidupan.

Kematian

Anak yang mengalami kematian anggota keluarga atau matinya hewan peliharaan, mempunyai pengertian yang baik tentang makna kematian, dan bobot emosi dari konsepnya tentang kematian diwarnai oleh reaksi-reaksi orang di sekitarnya.

Kehidupan setelah Mati

Konsep kehidupan setelah mati terutama bergantung pada perintah agama yang diterima anak dan pada apa yang diyakini oleh sesame temannya.

Fungsi-fungsi Tubuh

Sampai anak mulai mempelajari kesehatan di sekolah dasar, banyak konsep tentang fungsi tubuh yang kurang tepat dan kurang lengkap, terutama tentang fungsi tubuh internal.