Kepercayaan menjadi sesuatu yang mahal dewasa ini. Keberhasilan
suatu bisnis bisa bermula dari kepercayaan. Tanpa dilandasi suatu rasa percaya,
kerja sama kedua belah pihak bisa berakhir.
Apabila sebuah kepercayaan dikhianati, proses untuk
mengembalikan kepercayaan tersebut menjadi sebuah kerja keras. Hasilnya pun tidak
bisa sepenuhnya kembali pada kondisi persis seperti semula. Lantas, bagaimana
cara untuk menumbuhkan dan menjaga sikap percaya, apalagi jika Anda merupakan
sosok yang baru di lokasi kerja atau dalam sebuah kerja sama?
Dikutip dari time.com,
terdapat beberapa cara untuk menumbuhkan rasa percaya. Di antaranya bersikap jujur. Meskipun Anda tidak
mempunyai kepentingan tertentu, biasakanlah bersikap dan berbicara dengan jujur.
Kebiasaan ini akan terbawa dalam dunia bisnis dan dunia kerja. Tanpa bersusah
payah, kepercayaan akan timbul jika Anda konsisten dalam bersikap jujur.
Hindarilah gosip. Hal ini seolah tidak mungkin karena
tanpa disadari banyak gossip berputar di lingkungan kerja atau lingkungan
pergaulan. Siasatnya, daripada mendengarkan gosip atau desas-desus, lebih baik
Anda pastikan kebenaran gosip atau kabar burung dengan menanyakannya pada pihak
yang bersangkutan secara langsung.