Kamis, 25 April 2013

Remaja & Ekaristi

Ekaristi Kaum Muda Komunitas Life Teen
Paroki MBK Jakarta
HIDUPKATOLIK.com, TOMANG, JAKARTA - Life Teen Paroki Maria Bunda Karmel (MBK), Tomang, Jakarta Barat menyelenggarakan perayaan Ekaristi bagi Orang Muda Katolik (OMK) dan Life Night di Auditorium Gereja MBK, Sabtu, 13/4. Acara bertajuk “Single, Sexy, and Smart” ini dimulai dengan Misa yang dipimpin Pastor Lirman Jaya Sastra OCarm.

Dalam homilinya, Pastor Jaya mengajak OMK untuk menjadi pribadi luar biasa, tangguh dan smart. Hal tersebut salah satunya dapat dicapai dengan mengikuti perayaan Ekaristi, membaca Kitab Suci, dan mengaku dosa.

Humas Life Teen MBK, Anastasia Supatra mengungkapkan bahwa Life Teen MBK adalah yang pertama di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Life Teen MBK terbentuk pada 11 Agustus 2012. Kelompok ini rutin mengadakan Misa dan Life Night satu bulan sekali, setiap Sabtu kedua. “Kita selalu berpusat pada Ekaristi. Acara diawali dengan Ekaristi. Kemudian dilanjutkan dengan Life Night; pengajaran, sharing kelompok, dan pujian,” ujarnya.

Life Teen MBK berada di bawah Life Teen KAJ dan bernaungan di bawah Seksi Kepemudaan MBK serta berkoordinasi dengan pastor moderator OMK MBK, Pastor Gregorius Jeffrey OCarm. Leading teens closer to Christ menjadi motto kelompok ini.

Kegiatan Life Teen menjadi salah satu cara menjawab kebutuhan akan Misa OMK dan menjawab keprihatinan banyaknya OMK yang menjauh dari Gereja. “Ini sebagai sarana bagaimana kita mengajak OMK untuk Ekaristi serta mendekatkan diri pada Tuhan lewat pengajaran dan sharing,” ujar Anastasia.

Peserta Life Teen MBK adalah para siswa usia SMP, SMA, mahasiswa, dan karyawan muda. Mayoritas mereka berasal dari sekolah-sekolah yang ada di paroki MBK: Sekolah Sang Timur, Sekolah Abdi Siswa, dan Sekolah Tarsisius.

Selain Misa dan Life Night, juga diadakan kegiatan sharing atau keakraban di luar acara rutin untuk menjalin relasi yang lebih dekat. Misalnya mengikuti Ekaristi mingguan bersama dan sharing berdasarkan kelompok yang telah dibagi sesuai usia peserta. Beberapa panitia (disebut core member) juga mengisi pengajaran di sekolah-sekolah, seperti sekolah Sang Timur Tomang sebagai pengisi pengembangan kepribadian para siswa selama satu jam.

by: Maria Pertiwi, http://www.hidupkatolik.com/2013/04/25/ekaristi-kaum-muda-komunitas-life-teen-paroki-mbk-jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar