Sabtu, 26 Januari 2013

Renungan Hari Sabtu Biasa II-C

Renungan Hari Sabtu Biasa II, Thn C/I
Bac I : 2Tim 1: 1 – 8; Injil       : Mrk 3: 20 – 21

Dalam bacaan pertama Paulus mensyeringkan pengalaman pribadinya dalam melayani Tuhan, yang menurutnya ia layani "dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku." (ay. 3). Pelayanan tugas Paulus dilakukan secara total. Karena itu, Paulus menghendaki agar Timotius mau mengikutinya dalam hal pelayanan kepada Tuhan. Untuk itulah Paulus memintanya untuk mengobarkan kurnia Allah (ay. 6), tidak perlu takut (ay. 7) dan jangan malu (ay. 8) dalam menjalani tugas.

Totalitas dalam melaksanakan tugas terlihat juga dalam diri Yesus. Dalam Injil hari ini totalitas Yesus dalam pelayanan-Nya terungkap dari pernyataan bahwa Yesus tidak waras lagi. (ay. 21). Yesus melayani orang sampai lupa akan diri-Nya sendiri. Prioritas hidup Yesus adalah orang lain, bukan diri-Nya.

Sabda Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita tentang totalitas pelayanan sebagai murid Yesus. Kita terpanggil untuk ambil bagian dalam tugas pelayanan Yesus, sama seperti yang dilakukan oleh Paulus. Oleh karena itu, hendaknya kita menjalaninya dengan sepenuh hati. Kita tak perlu takut dan juga malu. Totalitas pelayanan itu dapat terlihat dari mendahulukan orang lain daripada diri sendiri; mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar