MINAT-MINAT YANG UMUM PADA AKHIR MASA KANAK-KANAK
Penampilan
Anak yang lebih besar akan diminati oleh orang lain hanya
kalau ia begitu berbeda dari teman-teman sebayanya sehingga ia merasa menarik
perhatian.
Pakaian
Anak menaruh minat pada pakaian baru, tetapi harus sama
dengan apa yang dipakai teman-temannya. Ia juga menyukai warna-warna pakaian
yang tertentu.
Nama dan Julukan
Nama awal diminati hanya kalau berbeda dengan nama
teman-temannya atau kalau ia merasa menarik perhatian orang dengan namanya. Karena
nama keluarga dan nama tengah jarang digunakan, anak hanya menaruh minat bila
nama menggolongkannya dengan kelompok rasa tau agama yang dikenai prasangka. Kalau
anak menyadari bahwa nama julukan yang diberikan teman-teman mencerminkan
penilaian teman-teman, ia tidak menyukai nama julukan yang berupa cemoohan.
Agama
Minat anak yang mengikuti sekolah Minggu berkurang, tidak
lagi seperti sebelumnya, meskipun anak masih senang bertemu dengan teman-teman.
Namun anak seringkali meragukan pelajaran agama dan kemanjuran doa.
Tubuh Manusia
Karena tidak dapat mengamati fungsi-fungsi tubuh secara
langsung, anak berusaha memuaskan keingintahuannya tentang apa yang terjadi di
dalam tubuh dengan bertanya, membaca buku atau melihat gambar-gambar.
Kesehatan
Minat terhadap kesehatan tubuh hanya kalau anak sakit atau
menderita penyakit kronis, seperti asma. Anak laki-laki menganggap minat ini
sebagai tanda seorang banci.
Seks
Anak ingin mengetahui lebih dalam mengenai hubungan antara
kedua jenis seks, peran ayah dalam reproduksi dan proses kelahiran. Anak berusaha
memperoleh informasi dari buku-buku atau teman-teman yang dengannya mereka
saling bertukar cerita-cerita yang “kotor” dan pelbagai lelucon.
Sekolah
Umumnya anak pada mulanya bergairah ke sekolah. Pada akhir
kelas dua, banyak yang merasa bosan, mengembangkan sikap menentang dan kritis
terhadap tugas-tugas akademis, meskipin anak masih menyukai kegiatan
non-akademis. Sikap anak sangat dipengaruhi oleh menarik atau tidaknya cara
guru menyajikan bahan yang harus dipelajari dan bagaimana ia memandang
bahan-bahan ini dalam kaitannya dengan pekerjaan di masa depan.
Pekerjaan Masa Depan
Awal minat tentang pekerjaan masa depan berkisar pada
pekerjaan-pekerjaan yang dianggap sangat mempesonakan, mengasyikkan dan yang
bergengsi atau melibatkan kegiatan-kegiatan atau seragam yang baginya terasa
penting. Anak kurang mempertimbangkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan
tersebut.
Simbol Status
Bila anak melihat dan merasakan pentingnya status
sosioekonomi, maka mereka akan menaruh minat besar terhadap simbol-simbol nyata
status sosioekonomi keluarganya, seperti mobil atau rumah besar.
Otonomi
Berapa besar minat akan otonomi anak terutama bergantung pada
berapa besar otonomi yang dimiliki taman-tamannya. Biasanya anak puas bila
terdapat persamaan atau sediki lebih banyak daripada teman-temannya.
sumber: Elizabeth B.
Hurlock, PSIKOLOGI PERKEMBANGAN: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan. (edisi 5). Jakarta: Erlangga, 1980, hlm. 168.
Baca juga:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar