Jumat, 12 Juli 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XIV-C

Renungan Hari Jumat Biasa XIV, Thn C/I
Bac I  Kej 46: 1 – 7, 28 – 30; Injil       Mat 10: 16 – 23

Pada hari ini sabda Tuhan mengatakan kepada kita bahwa Dia senantiasa menyertai umat-Nya. Penyertaan Tuhan dalam hidup umat-Nya ini tampak dalam bacaan pertama, dimana Allah akan menyertai Yakub dan keluarganya. “Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir.” (ay. 4). Demikian sabda Allah kepada Yakub. Penyertaan Tuhan berarti juga perlindungan-Nya. Dia akan menjaga dan melindung umat-Nya.

Hal yang senada juga ditekankan dalam bacaan Injil, pada kisah pengutusan kedua belas rasul. Yesus mengatakan bahwa Ia mengutus mereka “seperti domba ke tengah-tengah serigala!”. (ay. 16). Tentulah situasi ini adalah situasi yang menakutkan dan memberatkan. Namun Yesus mengajak para rasul-Nya untuk tidak perlu takut atau gelisah. “Jangan kalian khawatir…” (ay. 19) akan apa yang mau dibuat karena Tuhan akan menuntunnya. Artinya, Tuhan senantiasa mendampingi para rasul.

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa Tuhan selalu ada di samping kita. Salah satu persoalan dalam hidup kita adalah kita tidak menyadari kehadiran Tuhan itu. Kita selalu mengandalkan kekuatan diri kita atau kekuatan lain. Sabda ini mengajak kita untuk datang dan mengandalkan-Nya. Dengan kesadaran bahwa Tuhan senantiasa menyertai kita, maka tak perlu kita terlalu mengkhawatirkan hidup ini.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar