Selasa, 13 Desember 2016,
kasus penodaan agama, dengan tersangka Basuki Tjahaya Purnama, mulai memasuki
babak baru. Hari itu proses hukum mulai dijalankan, diawali dengan pembacaan
nota keberatan oleh Basuki atau Ahok dan panasehat hukumnya.
Sepintas kita melihat bahwa
proses sidang ini tak ubahnya dengan sidang-sidang perkara hukum lainnya. Akan
tetapi, jika dicermati dengan budi dan hati yang jernih, tentulah kita dapat
melihat keanehan. Sidang kasus penodaan agama ini seakan membuka borok-borok atau carut-marutnya agama islam; bukankah ini sebuah
bentuk penistaan?
Sayangnya, MUI tidak
menyadari. Ataukah MUI tidak berpikir? Maksud hati ingin menghukum Ahok, namun
dalam prosesnya malah membuka aib sendiri. Maksud hati ingin membela islam, yang
terjadi justru menghina islam.
Di samping itu persidangan
kasus penodaan agama ini menyisahkan dilema pada para hakim. Pertama-tama
hakim, baik yang muslim maupun non muslim, berada di bawah tekanan. Yang
menekan mereka adalah fatwa atau pendapat keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Gerakan Nasional
Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI).
Bagaimana mungkin hakim
kelak memutuskan Ahok tak bersalah dan bebas, sementara MUI sudah memutuskan
dengan fatwa bahwa Ahok telah melakukan penodaan agama dan ulama? Kita dapat
berkaca pada kasus yang menimpa Arswendo Atmowiloto dengan tabloid Monitor-nya.
Jika hakimnya non muslim,
dan memutuskan bebas, pastilah GNPF MUI mengatakan bahwa hakim membela sesama
non muslim. Bukan tidak mungkin ada tuduhan bahwa ini merupakan konspirasi
untuk menjatuhkan islam. Atau ada juga yang mengatakan bahwa hakimnya bodoh,
tak tahu hukum islam. Bukan tidak mungkin juga hakim ini akan dikatakan
terlibat penodaan agama. Perkiraan lebih parah adalah demo yang berujung pada
kerusuhan. Oleh karena itu, jalan amannya adalah menyatakan Ahok bersalah
supaya umat islam senang dan puas. Bandingkan dengan kasus Arswendo.
Jika hakimnya seorang
muslim, dan memutuskan bebas, pastilah GNPF MUI mengatakan bahwa hakimnya sudah
disuap. Mungkin juga orang akan mencari dalil untuk menyerang hakim tersebut.
Misalnya dengan mengatas-namakan prinsip “Pembela dari lawanku adalah musuhku.”
Bukan tidak mungkin kelompok islam radikal melihat darahnya halal, karena
bukannya membela agama (sebagaimana yang diamanatkan Al Quran), tapi malah
justru membela musuh islam. Oleh karena itu, jalan amannya adalah menyatakan
Ahok bersalah supaya umat islam senang dan puas.
Untuk dapat memutuskan bebas
pun, para hakim, baik yang muslim maupun non muslim, dihadapkan pada
kebingungan. Akar kebingungan itu ada pada fatwa MUI. Sebagaimana yang
diketahui, pada 11 Oktober lalu MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa Ahok telah
melakukan penodaan agama dan ulama. Agak terasa ganjil jika keputusan hakim
bertentangan dengan keputusan MUI, karena urusan agama memang domainnya MUI. Di
mata umat islam, khususnya GNPF MUI dan MUI sendiri, proses persidangan hanya
tinggal menunggu ketok palu hakim bahwa Ahok bersalah dan dipenjarakan sehingga
syahwat kebencian mereka terlampiaskan.
Inilah gambaran di balik
proses persidangan penodaan agama dengan tersangkanya Ahok. Jika para ulama
dapat berpikir luas dan jernih, sebenarnya proses sidang ini sungguh memalukan
umat islam. Karena itu, dibutuhkan keberanian dan kebijaksanaan para ulama,
yang tergabung dalam MUI, untuk menarik fatwanya. Biarkanlah para hakim bekerja
dalam sikap bebas, tanpa tekanan. Bila perlu proses persidangan ini dihentikan.
Menjadi persoalan, apakah
MUI berani dan bijaksana?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar