Senin, 12 Oktober 2020

KEBENARAN DAN KEBAIKAN BISA DATANG DARI SIAPA SAJA


Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far, atau yang lebih dikenal dengan nama Ebiet G Ade, pernah menulis syair lagu dengan judul “Dengarkanlah Kata-Kataku”.  Penggalan bait refreinnya, yang cukup menyentuh hati, berbunyi:

“Dengarkanlah dengan hatimu

Jangan engkau dengar dengan jiwa buta

Dengarkanlah kata-kataku

Jangan engkau melihat siapa aku”

Di sini Ebiet mau mengajak kita, para pendengar, untuk mengubah pola pikir dalam melihat sesuatu yang ada di luar diri kita. Misalnya soal kebenaran atau juga kebaikan. Bagi Ebiet, kebenaran atau kebaikan itu bukan soal rasa: saya suka dan/atau tidak suka; bukan juga soal kepentingan: di pihak saya dan/atau musuh saya.

Ebiet G Ade menghendaki agar kita menilai sesuatu itu bukan dengan jiwa buta. Artinya, menilai sesuatu itu bukan didasari pada diri sendiri: saya suka maka itu benar, baik dan bagus, sedangkan jika saya tidak suka maka sesuatu itu tidak benar, tidak baik dan tidak bagus; jika sesuatu itu ada di pihak saya maka ia itu benar, baik dan bagus, sedangkan jika sesuatu itu “anti” saya maka ia itu tidak benar, tidak baik dan tidak bagus.

Ebiet G Ade menghendaki agar kita melihat isinya, bukan pada kulitnya. “Dengarkanlah kata-kataku, jangan engkau melihat siapa aku.” Dengan kata lain Ebiet G Ade ingin agar kita “jangan menilai buku itu dari kulitnya.” Sekalipun kulit buku atau sampul buku itu tidak bagus dan tidak menarik, belum tentu isinya juga tidak bagus dan tidak menarik. Sebaliknya, belum menjadi jaminan bahwa sampul atau kulit yang menarik menentukan isi buku yang menarik juga.

Legenda Rawa Pening

Ada seorang ada kecil bernama Baru Klinting. Ia seorang bocah yang buruk rupa dan kudisan, akan tetapi ia memiliki kesaktian. Suatu ketika ia memasuki sebuah perkampungan untuk meminta sedekah. Melihat rupa dan tubuhnya, orang merasa jijik dan langsung mengusirnya.

Tak ada keluarga yang mau menerima dirinya dan memberinya makan. Ia sampai pada rumah seorang janda sederhana bernama Mbok Randa. Janda itu menerimanya dan memberinya makan. Beberapa hari ia tinggal di rumah janda itu. Selama tinggal di rumah janda itu, ia coba bersosialisasi dengan anak-anak lainnya. Namun penolakanlah yang selalu didapatinya, baik dari anak-anak itu sendiri maupun dari orangtua anak-anak itu.

Suatu hari ia pergi ke pusat kampung untuk menyaksikan pertunjukan. Di sana ia mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan. Semuanya hanya karena rupanya yang buruk dan penuh kudisan pada tubuhnya.

Kepada penduduk itu ia memperingati bahwa malapetaka akan terjadi di kampung ini. wujudnya banjir besar. Namun penduduk tidak percaya. Ketidak-percayaan mereka tentulah dikaitkan juga dengan keadaan fisiknya, apalagi dia itu seorang bocah kecil. Hanya janda miskin itu saja yang percaya. Ia mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Baru Klinting membuat sayembara. Ia menancapkan sebatang lidi di tanah, lalu menantang siapa saja yang bisa mencabutnya. Awalnya anak-anak sebayanya maju mencoba. Namun tak satu pun dari mereka yang berhasil. Kemudian muncullah yang dewasa dan para orangtua. Dan mereka juga tidak berhasil. Akhirnya Baru Klinting maju dan mencabut lidi itu. Dari lubang bekas tancapan lidi itu keluarlah air yang sangat deras. Air itu tak mau berhenti sampai seluruh kampung tertutup oleh air. Semua penduduk kampung itu mati tenggelam, karena mereka tidak mendengarkan peringatan Baru Klinting. Hanya Mbok Randa saja yang selamat.

Jadilah Orang Arif nan Bijaksana

Nasehat Ebiet G Ade di atas bisa dipahami sebagai ajakan untuk menjadi arif dan bijaksana. Orang yang arif dan bijaksana adalah orang yang melihat suatu masalah tanpa berat sebelah atau memihak. Orang yang bijaksana dapat mengambil sumber kebijaksanaannya dari mana dan dari siapa saja, tanpa melihat latar belakang agama, ras, suku, status sosial dan status lainnya.

Bagi orang yang arif dan bijaksana, kebenaran dan kebaikan itu bisa datang dari mana saja dan dari siapa saja. Kebenaran dan kebaikan itu dapat datang dari seorang tua nan bijak, bisa juga dari seorang bocah ingusan; dari pejabat tinggi juga dari pengemis jalanan; dari ulama juga dari penjahat atau bahkan pelacur; dari sahabat dan juga dari yang bukan sahabat, bahkan musuh sekalipun.

Berkaitan dengan anak kecil, cerita di atas mau menegaskan akan hal itu. Penduduk kampung itu tidak mau melihat kebenaran atau nasehat baik dari Baru Klinting hanya karena dia itu seorang bocah dan juga mukanya yang buruk serta kudisan. Orang-orang pada menyepelekannya. Oleh karena itu, Yesus pernah menasehati para muridnya, “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini.” (Matius 18: 10). Karena, bisa saja kebenaran dan kebaikan itu lahir dari mulut seorang anak kecil.

Untuk itulah, dibutuhkan sikap dan kemampuan menilai isi, bukan kulit. Kita diajak untuk lebih memprioritaskan pada isinya dulu. Apakah isinya benar, baik dan berguna buat saya. Jika isinya baik, benar dan berguna, maka sesuatu itu baik, sekalipun itu berasal dari seorang anak kecil, kelompok musuh kita atau orang pendosa.

Suatu Keprihatinan

Masih ada banyak manusia di dunia ini yang memiliki sikap lebih mementingkan sampul-kulit daripada isinya. Ketika ada suatu pernyataan, sekalipun pernyataan itu baik dan benar, orang akan menyelidiki sumbernya atau orang yang mengeluarkan pernyataan itu. Jika sumbernya itu berasal dari orang atau kelompok yang anti dengan kelompok saya, maka saya menolak pernyataannya itu.

Ada orang yang memang mengutamakan sampul. Berkaitan dengan suatu pernyataan, yang dimaksudkan dengan sampul di sini adalah siapa orangnya, apa pangkat dan statusnya, apakah orang itu sealiran dengan saya atau tidak (jika tidak, sudah pasti ditolak), dll. Orang-orang yang lebih mengutamakan sampul akan berusaha melacak sumber dari pernyataan itu. Mereka tidak melihat nilai kebenaran dan kebaikan dari pernyataan itu. Dan jika dari hasil pelacakan terbukti bahwa pernyataan itu berasal dari orang yang tidak sealiran dengannya dan sumbernya juga berasal dari kelompok yang tidak sepaham dengan saya, maka pernyataan itu ditolak, sekalipun ada kebanaran dan kebaikan di sana.

Jika kita perhatikan baik-baik, sebenarnya yang ditolak adalah sumber atau orang yang mengeluarkan pernyataan itu. Dan karena pernyataan itu melekat pada sumber atau orangnya, maka pernyataan itu juga ditolak. Artinya, orang-orang ini menilai buku dari sampulnya. Jika sampulnya bagus dan menarik maka kesimpulannya isi buku itu bagus dan menarik.

Berkaitan dengan sikap seperti ini, Yesus menasehati para muridnya untuk tidak seperti itu. Artinya, jangan melihat dan menilai segala sesuatu itu dari sampulnyanya. Injil Lukas menceritakan kisah itu: “Yohanes berkata: ‘Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.’ Yesus berkata kepadanya: ‘Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu.’"

Nasehat Bijak

Menutup tulisan sederhana ini, saya mau menyampaikan sebuah pernyataan bijak: “Emas adalah tetap emas sekalipun keluar dari mulut babi.”

diambil dari tulisan 7 tahun lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar