Selasa, 18 Maret 2014

Renungan Hari Selasa Prapaskah II - A

Renungan Hari Selasa Prapaskah II, Thn A/II
Bac I   : Yes 1: 10, 16 – 20; Injil  : Mat 23: 1 – 12

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk senantiasa berbuat baik dan menghindari perbuatan jahat. Hal ini dengan sangat jelas ditekankan oleh Yesaya dalam bacaan pertama. Dalam kitabnya, Yesaya menyampaikan pesan Allah kepada umat “Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik.” (ay. 16, 17). Selanjutnya Yesaya menjabarkan perbuatan baik apa saja yang perlu dilakukan. Yesaya malah memberi jaminan bahwa perbuatan baik akan membersihkan umat dari dosanya.

Dalam Injil hari ini, Yesus juga mengajak para murid-Nya untuk berbuat baik. Yesus menyampaikan ajakannya dengan cara yang unik, yaitu memberikan contoh buruk yang dilakukan oleh ahli-ahli Taurat dan kaum Farisi. Yesus melihat bahwa pada sosok kedua kelompok orang tersebut terdapat kebaikan dan keburukan. Kebaikan itu tampak dalam kata-katanya (pengajarannya) sedangkan keburukan terlihat dalam perbuatan. Perbuatan mereka tidak sejalan dengan perkataan. Yesus mengajak pengikut-Nya untuk mendengarkan apa yang dikatakan dan melaksanakan apa yang dikatakan itu, bukan apa yang dilakukan.

Pesan sabda Tuhan hari ini kiranya jelas. Tuhan menghendaki supaya kita selalu berjuang menghindari hal yang jahat dan berusaha untuk berbuat baik. Melalui sabda-Nya, Tuhan mengajak kita untuk menyelaraskan perkataan dan perbuatan, jangan seperti para ahli Taurat dan kaum Farisi. Saat ini merupakan masa prapaskah, masa tobat. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk bertobat serta kembali kepada Allah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar