Kamis, 12 Juli 2012

Renungan Hari Kamis Biasa XIV - Thn II

Renungan Hari Kamis Pekan Biasa XIV B/II
Bac I    Hos 11: 1, 3 – 4, 8c – 9 ; Injil    Mat 10: 7 –15

Injil hari ini merupakan kelanjutan dari Injil kemarin. Masih merupakan satu kesatuan: pemilihan dan pengutusan para murid Yesus. Karena itu, pesannya juga sama. Intinya adalah F O K U S. Agar warta kerajaan sorga bisa efektif dan efisien, mengingat waktunya singkat, para murid diminta untuk fokus.

Kemarin pusat fokusnya ada pada tempat atau lokasi, yaitu hanya bangsa Isreal. Hari ini fokusnya ada pada upah (gaji) dan tempat tinggal. Para murid diminta oleh Yesus untuk tidak memperhatikan soal gaji (harta dan kekayaan) itu agar bisa fokus pada wartanya. "Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah  pula dengan cuma-cuma.... Sebab seorang pekerja patut mendapatkan upahnya." (ay. 9, 10b). Para murid juga diminta untuk tidak mempersoalkan akan tidur dan tinggal di mana.

Mengapa Yesus meminta para murid-Nya supaya tidak terlalu memperhatikan urusan harta benda, gaji dan kenyamanan? Yesus hendak mengajak para murid-Nya untuk membangun sikap bergantung hanya pada Allah, bukan harta kekayaan. Allah adalah penyelenggara semuanya. Sama seperti yang dinubuatkan Allah kepada nabi Hosea dalam bacaan pertama. Allah-lah yang menjamin kehidupan.

Sungguh luar biasa pesan Yesus kepada para murid-Nya ini. Mereka baru dikenal dan langsung diberi tugas. Namun dalam pemberian tugas ini mereka ditekankan agar tidak memikirkan urusan harta benda dan kekayaan serta tempat tinggal (kenyamanan). Tampak jelas tugas itulah yang utama, bukan gaji atau kenyamanan tempat tinggal.

Pesan Yesus ini bisa menjadi bahan permenungan bagi para imam masa kini. Apakah tugas yang diemban sudah menjadi hal yang utama dalam hidup, atau masih memikirkan soal gaji, harta kekayaan dan kenyamanan tempat tinggal? Dapatkah kita membangun sikap bergantung pada Allah?

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar