Minggu, 28 April 2013

Dokumen Konsili Vatikan II: Lumen Gentium (22)

Sambungan sebelumnya....
KONSTITUSI DOGMATIS TENTANG GEREJA

63. (Maria pola Gereja)
Karena kurnia serta peran keibuannya yang ilahi, yang menyatukannya dengan Puteranya Sang penebus, pun pula karena segala rahmat serta tugas-tugasnya, Santa Perawan juga erat berhubungan dengan Gereja. Seperti telah diajarkan oleh St. Ambrosius, Bunda Allah itu pola Gereja, yakni dalam hal iman, cinta kasih dan persatuan sempurna dengan Kristus.[190] Sebab dalam misteri Gereja, yang tepat juga disebut bunda dan perawan, Santa Perawan Maria mempunyai tempat utama, serta secara ulung dan istimewa memberi teladan perawan maupun ibu.[191] Sebab dalam iman dan ketaatan ia melahirkan Putera Bapa sendiri di dunia dan itu tanpa mengenal pria, dalam naungan Roh Kudus, sebagai Hawa yang baru, bukan karena mempercayai ular yang kuno itu, melainkan karena percaya akan utusan Allah, dengan iman yang tak tercemar oleh kebimbangan. Ia telah melahirkan Putera, yang oleh Allah dijadikan yang sulung di antara banyak saudara (Rom 8:29), yakni Umat Beriman. Maria bekerja sama dengan cinta kasih keibuannya untuk melahirkan dan mendidik mereka.

64. Adapun Gereja sendiri – dengan merenungkan kesucian Santa Perawan yang penuh rahasia serta meneladan cinta kasihnya, dengan melaksanakan kehendak Bapa dengan patuh, dengan menerima sabda Allah dengan setia pula – menjadi ibu juga. Sebab melalui pewartaan dan baptis, Gereja melahirkan bagi hidup baru yang kekal-abadi putera-puteri yang dikandungnya dari Roh Kudus dan lahir dari Allah. Gereja pun perawan, yang dengan utuh murni menjaga kesetiaan yang dijanjikannya kepada Sang Mempelai. Dan sambil mencontoh Bunda Tuhannya, Gereja dengan kekuatan Roh Kudus secara perawan mempertahankan keutuhan imannya, keteguhan harapannya dan ketulusan cinta kasihnya.[192]

65. (Keutamaan-keutamaan Maria, pola bagi Gereja)
Namun sementara dalam diri Santa Perawan Gereja telah mencapai kesempurnaannya yang tanpa cacat atau kerut (lih. Ef 5:27), kaum beriman kristiani sedang berusaha mengalahkan dosa dan mengembangkan kesuciannya. Maka mereka mengangkat pandangannya ke arah Maria, yang bercahaya sebagai pola keutamaan, menyinari segenap jemaat para terpilih. Penuh khidmat Gereja mengenangkan Maria, serta merenungkannya dalam terang Sabda yang menjadi manusia dan dengan demikian ia penuh hormat makin mendalam memasuki sejarah keselamatan dan dengan cara tertentu merangkum serta memantulkan pokok-pokok iman yang terluhur dalam dirinya. Sementara ia diwartakan dan dihormati, ia mengundang Umat Beriman untuk mendekati Puteranya serta korban-Nya, pun cinta kasih Bapa. Sedangkan Gereja sambil mencari kemuliaan Kristus makin menyerupai polanya yang amat mulia. Gereja terus menerus maju dalam iman, harapan dan cinta kasih, serta dalam segalanya mencari dan melaksanakan kehendak Allah. Maka tepatlah, bahwa juga dalam karya kerasulannya Gereja memandang Maria yang melahirkan Kristus; Dia yang dikandung dari Roh Kudus serta lahir dari Perawan, supaya melalui Gereja lahir dan berkembang juga dalam hati kaum beriman. Dalam hidupnya Santa Perawan menjadi teladan cinta kasih keibuan, yang juga harus menjiwai siapa saja yang tergabung dalam misi kerasulan Gereja demi kelahiran baru sesama mereka.


[190] S. AMBROSIUS, Penjelasan tantang Lukas II, 7: PL 15,1555.
[191] Lih. Pseudo-PETRUS DAMIANUS, Kotbah 63: PL 144,861AB. GODEFRIDUS dari S. VIKTOR, pada hari
kelahiran Santa Maria, manuskrip Paris, Mazarine, 1002, lembar 109 r. GERHOHUS REICH, De gloria et
honore filii hominis (tentang kemuliaan dan kehormatan Putera manusia), 10: PL 194,1105AB.
[192] S. AMBROSIUS, di tempat yang sama, dan dalam penjelasan Luk X, 24-25: PL 15,1810. S. AGUSTINUS,
tentang Yoh. Traktat 13,12: PL 35,1499. Lih. Kotbah 191,2,3: PL 38, 1010, dan lain-lain. Lih. juga BEDA
terhormat, Tentang Luk Penjelasan I, bab 2: PL 92,330. ISAAK DE STELLA, Kotbah 51: PL 194,1863A.

(Sharing Hidup) Kesibukan Hidup


KURANG BERSERAH DIRI
Selasa pagi, pukul 09.30 WIB, seperti biasa jalan Imam Bonjol dilewati sebagian besar warga Jakarta. Saya menyetir tergesa-gesa, dan sudah hampir terlambat rapat penting di pusat Jakarta. Saat itu, waktu menunjukkan “3 in 1”. Saya menggerutu kecil. “Jamnya nanggung. 30 menit lagi sudah selesai, tapi jika menunggu 30 menit, saya bisa terlambat satu jam.”

Terpaksa saya memberhentikan mobil dan menaikkan seorang ibu yang menggendong anak kecil. “Pagi Mbak, sudah lama tidak lewat sini?” tegurnya ceria. “Iya, biasa lewat tol,” saya menjawab pendek. Wajah saya berkerut-kerut tegang. Sambil memasuki kawasan Sudirman, pikiran saya melayang pada rapat berikutnya. Dalam kondisi seperti itu, hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah mengobrol. Sama halnya yang ingin dilakukan ibu joki untuk memulai perbincangan.

“Mbak sedang sibuk ya?” tanyanya enteng.

“Iya,” saya menjawab seadanya.

“Sibuk dengan kerjaan?” tanyanya lagi.

“Iya, biasa,” jawab saya lagi, mulai terganggu.

“Memang kerjaan belum selesai?”

“Sudah semaksimal mungkin saya kerjakan sampai malam, tapi tidak tidak tahu mengapa, rasanya ada saja yang membuat tidak beres,” keluh saya.

Tiba-tiba, saya menyimak perkataan ibu ini lebih lanjut. “Bagaimana saya tidak berkeluh kesah, karena kerjaan saya sekarang sedang menumpuk,” dalam hati saya protes.

“Mbak tahu tidak, kemarin saya hanya punya uang seribu perak. Anak saya dua. Satu lagi kena demam berdarah. Saya berpikir, bagaimana caranya anak saya bisa makan?” ujar ibu joki itu.

“Mbak Katolik, bukan?” tanyanya lagi. Saya mengiyakan.

“Kalau Mbak Katolik, tahu kan Firman Tuhan yang menyatakan, burung pipit yang kecil saja dikasihi Tuhan. Rumput saja tidak ada yang memberi makan bisa hidup. Apalagi saya dan apalagi Mbak?”

Tangan saya mulai berkeringat mendengar perkataan ibu itu. Ia melanjutkan perkataannya, “Kemarin sore, saya naik mobil, yang punya mobil memiliki makanan sisa, daripada basi diberikan kepada saya. Anak saya makan, padahal saya tetap punya uang seribu perak, tambah hasil ngejoki.”

“Saya hanya punya seribu, yang penting saya selalu usaha cari uang, sisanya Tuhan yang mengatur. Jika sudah bekerja sebaik-baiknya, ya sudah. Jika belum diberi jalannya pagi ini, nanti sore juga diberi. Pokoknya waktunya pas.”

Sesaat kemudian ibu joki tersebut turun dari mobil saya, namun perkataannya masih terasa pedas menggampar saya seharian penuh. Kurang pasrah, begitu saya berkesimpulan akan penyakit saya. Dengan kemajuan teknologi dan segala alat bantu pekerjaan, hampir seluruh area pekerjaan dapat direncanakan dan diprediksi. Nyaris tidak ada informasi yang tidak bisa didapat lewat internet. Nyaris tidak ada komunikasi yang bisa terputus dengan gadget yang dimiliki.

Berkata ‘tidak tahu’ adalah sebuah hal yang haram disebut sebagai alasan akan sesuatu. Jika sekarang tidak tahu, bisa lewat mesin pencari atau bertanya pada orang. Jika orangnya tidak ada di dekat kita bisa telepon, sms, email, atau chatting. Hanya jika berada di daerah terpencil kita bisa punya lebih banyak alasan. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat anxiety masyarakat perkotaan. Banjir informasi serta tidak ada putusnya waktu kerja dan istirahat seperti menuntut segala hal untuk dikontrol hasilnya.

Padahal, seperti dalam hidup manusia, tidak semua hal bisa dikontrol. Ketika ada hal yang tidak bisa diprediksi hasilnya, manusia perkotaan menjadi lebih mudah frustrasi. Lalu, frustrasi tersebut membawa manusia untuk lebih lagi mengandalkan gadget dan kemampuan kerjanya untuk mengatasi anomali hasil tersebut. Jika dipikir-pikir, masalah ibu joki tadi jelas lebih berat daripada masalah saya. Seribu perak untuk makan itu sulit. Tetapi, saya terlihat lebih sengsara dan rendah diri.

by: Margareta Astaman, “Kurang Berpasrah Diri”, HIDUP, No 18, Thn ke-66, 29 April 2012
Baca juga sharing lainnya:

Sabtu, 27 April 2013

Dokumen Konsili Vatikan II: Lumen Gentium (21)

Sambungan sebelumnya....
KONSTITUSI DOGMATIS TENTANG GEREJA

III. SANTA PERAWAN DAN GEREJA

60. (Maria hamba Tuhan)
Pengantara kita hanya ada satu, menurut sabda Rasul: “Sebab Allah itu esa, dan esa pula pengantara antara Allah dan manusia, yakni manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua orang” (1Tim 2:5-6). Adapun peran keibuan Maria terhadap umat manusia sedikit pun tidak menyuramkan atau mengurangi pengantaraan Kritus yang tunggal itu, melainkan justru menunjukkan kekuatannya. Sebab segala pengaruh Santa Perawan yang menyelamatkan manusia tidak berasal dari suatu keharusan objektif, melainkan dari kebaikan ilahi, pun dari kelimpahan pahala Kristus. Pengaruh itu bertumpu pada pengantaraan-Nya, sama sekali tergantung dari padanya dan menimba segala kekuatannya dari padanya. Pengaruh itu sama sekali tidak merintangi persatuan langsung kaum beriman dengan Kristus, melainkan justru mendukungnya.

61. Sehubungan dengan penjelmaan Sabda ilahi Santa Perawan sejak kekal telah ditetapkan untuk menjadi Bunda Allah. Berdasarkan rencana penyelenggaraan ilahi ia di dunia ini menjadi Bunda Penebus ilahi yang mulia, secara sangat istimewa mendampingi-Nya dengan murah hati dan menjadi Hamba Tuhan yang rendah hati. Dengan mengandung Kristus, melahirkan-Nya, membesarkan-Nya, menghadapkan-Nya kepada Bapa di kenisah serta dengan ikut menderita dengan Puteranya yang wafat di kayu salib, ia secara sungguh istimewa bekerja sama dengan karya juru selamat, dengan ketaatannya, iman, pengharapan serta cinta kasihnya yang berkobar, untuk membaharui hidup adikodrati jiwa-jiwa. Oleh karena itu dalam tata rahmat ia menjadi Bunda kita.

62. Ada pun dalam tata rahmat itu peran Maria sebagai Bunda tiada hentinya terus berlangsung, sejak persetujuan yang dengan setia diberikannya pada saat Warta Gembira dan yang tanpa ragu-ragu dipertahankan di bawah salib, hingga penyempurnaan kekal semua para terpilih. Sebab sesudah diangkat ke sorga ia tidak meninggalkan peran yang membawa keselamatan itu, melainkan dengan aneka perantaraannya ia terus-menerus memperolehkan bagi kita kurnia-kurnia yang menghantar kepada keselamatan kekal.[187] Dengan cinta kasih keibuannya ia memperhatikan saudara-saudara Puteranya, yang masih dalam peziarahan dan menghadapi bahaya-bahaya serta kesukaran-kesukaran, sampai mereka mencapai tanah air yang penuh kebahagiaan. Oleh karena itu dalam Gereja Santa Perawan disapa dengan gelar Pembela, Pembantu, Penolong, Perantara.[188] Akan tetapi itu diartikan sedemikian rupa, sehingga tidak mengurangi pun tidak menambah martabat serta dayaguna Kristus satu-satunya Pengantara.[189]

Sebab tiada makhluk satu pun yang pernah dapat disejajarkan dengan Sabda yang menjelma dan Penebus kita. Namun seperti imamat Kristus secara berbeda-beda ikut dihayati oleh para pelayan (imam) maupun oleh Umat beriman dan untuk satu kebaikan Allah dengan cara yang berbeda-beda pula terpancarkan secara nyata dalam makhluk-makhluk, begitu pula satu-satunya pengantaraan Penebus tidak meniadakan, melainkan membangkitkan pada makhluk-makhluk aneka bentuk kerja sama yang berasal dari satu-satunya sumber.

Adapun Gereja tanpa ragu-ragu mengakui bahwa Maria memainkan peran yang terbawah kepada Kristus seperti itu. Gereja tiada hentinya mengalaminya dan menganjurkan kepada kaum beriman supaya mereka ditopang oleh perlindungan Bunda itu lebih erat menyatukan diri dengan Sang pengantara dan penyelamat.


[187] Lih. KLUTGEN, Naskah yang diperbaharui tentang Misteri Sabda ilahi, bab IV, MANSI 53,290. Lih juga S.
ANDREAS dari Kreta, Pda hari kelahiran Maria, Kotbah 4: PG 97,865A. S. GERMANIUS dari Konstantinopel,
Pada Warta gembira Bunda Allah: PG 98, 321BC; Pada meninggalnya Bunda Allah, III: kolom 361D. S.
YOHANES dari Damsyik, Pada hari meninggalnya Santa Perawan Maria, Homili 1,8: PG 96,712BC-713A.
[188] Lih. LEO XIII, Ensiklik Adiutricem populi, 5 September 1895: AAS 15 (1895-96) hlm. 303. S. PIUS X, Ensiklik Ed diem illum, 2 Februari 1904: Acta, I, hlm. 154: DENZ. 1978A (3370). PIUS XI, Ensiklik Miserentissimus, 8 Mei 1928: AAS 20 (1928) hlm. 178. PIUS XII, Amanat radio, 13 Mei 1946: AAS 38 (1946) hlm. 266
[189] S. AMBROSIUS, Surat 63: PL 16,1218.