Jumat, 23 Juli 2021

TELAAH ATAS SURAH ALI IMRAN AYAT 7

 


Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur’an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, “Kami beriman kepadanya (Al-Qur’an), semuanya dari sisi Tuhan kami.” Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal. [QS 3: 7]

Kutipan ayat Al-Qur’an di atas, pertama-tama harus dipahami, merupakan wahyu Allah. Apa yang tertulis di atas (kecuali beberapa kata yang berada di dalam tanda kurung) adalah kata-kata Allah sendiri. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang langsung disampaikan kepada Muhammad. Wahyu Allah di atas terdapat dalam surah Ali Imran, dimana surah ini masuk ke dalam kelompok surah Madaniyyah. ini berarti kutipan wahyu Allah ini disampaikan kepada Muhammad saat berada di Madinah.

Kutipan ayat Al-Qur’an di atas didasarkan pada “Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama RI, Edisi Terkini Revisi Tahun 2006”. Membaca ayat Al-Qur’an di atas, sepintas tidak ada yang aneh. Semuanya wajar. Akan tetapi, jika ditelaah dengan akal sehat, maka barulah ditemukan keanehannya. Dalam kutipan wahyu Allah di atas terdapat 5 kalimat, namun dalam penelaahan ini, akan difokuskan pada 2 kalimat pertama, yaitu [1] “Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad); dan [2] Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur’an) dan yang lain mutasyabihat.” Tiga kalimat lainnya merupakan penjabaran langsung dari kalimat kedua.

Jika kita langsung tertuju pada kalimat ini, maka sama sekali tidak ada yang aneh. Kalimat pertama ini mau mengatakan bahwa Allah telah menurunkan Al-Qur’an kepada Muhammad. Kata “DIA” di awal kalimat dengan sangat mudah ditafsirkan sebagai “ALLAH”, sedangkan kata “Kitab” dipahami sebagai “Al-Qur’an” dan kata ganti “mu” merujuk pada Muhammad (hal ini langsung ditegaskan dalam kutipan tersebut). Namun menjadi aneh ketika kalimat pertama ini dipahami dalam konteksnya, yaitu sebagai kalimat yang disampaikan oleh Allah. Jadi, pada waktu itu Allah berfirman, “Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad).” Kata “DIA” di awal kalimat tidak bisa dikaitkan dengan Allah yang sedang berbicara. Dari ilmu bahasa, kata “DIA” merupakan kata ganti orang ketiga tunggal. DIA di sini merujuk pada orang lain yang bukan sedang berbicara (AKU/SAYA atau KAMI/KITA) dan bukan pula lawan bicara (ENGKAU/KAMU).

Kamis, 22 Juli 2021

MELIHAT WANITA DARI BERBAGAI KACAMATA

 


Wanita memang menarik karena memiliki daya tarik. Akan tetapi, daya tarik wanita ini selalu menimbulkan berbagai persepsi, khususnya di kalangan kaum Adam. Ambil contoh gambar wanita di samping ini.

Orang yang memakai kacamata AGAMA akan melihat wanita di atas sebagai sumber dosa dan menasehati agar wanita itu menutup semua auratnya.

Orang yang memakai kacamata SENI akan melihat wanita di atas sebagai sumber inspirasi bagi karya seninya (puisi, lirik lagu, lukisan atau lainnya).

Orang yang memakai kacamata IMAN akan melihat wanita di atas sebagai mahakarya indah Tuhan, Sang Pencipta, dan ia akan memuji Sang Pencipta. Wanita adalah penolong sepadan.

Orang yang memakai kacamata PROFESIONAL melihat wanita di atas sebagai sumber penghasilan, karena jika wanita itu dipoles lagi, maka ia akan menjadi seorang model, artis atau covergirl.

Masih ada banyak kacamata lainnya lagi. Intinya, setiap kacamata punya nilai atau persepsinya sendiri. Wanitanya sama, namun nilainya berbeda-beda karena kacamatanya berbeda.

Pertanyaannya: apakah wanitanya yang membuat nilai atau kacamatanya?

diolah dari tulisan 7 tahun lalu

Rabu, 21 Juli 2021

MENEMUKAN SOSOK YUDAS ISKARIOT ZAMAN KINI

 


Bagi umat kristiani tentu sudah tak asing lagi dengan nama ini: Yudas Iskariot. Tokoh ini termasuk salah satu dari kedua belas rasul Yesus. Dia dikenal sebagai pengkhianat. Dalam Injil, khususnya Injil Sinoptik, saat perkenalan awal kedua belas rasul Yesus, Yudas ini sudah mendapat julukan itu: orang yang mengkhianati Yesus (Mat 10: 4; Mrk 3: 19; Luk 6: 16).

Dengan cara apa Yudas Iskariot mengkhianati Yesus? Matius mengisahkannya dalam Injilnya. Dikatakan bahwa Yudas bertemu dengan imam-imam kepala dan bernegoisasi soal imbalan yang akan dia dapat sekiranya ia menyerahkan Yesus. Saat ini Yesus memang sedang diincar. Ia bertanya kepada mereka, “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepadamu?” (Mat. 26: 15). Yudas mendapat 30 keping uang perak untuk usahanya itu.

Yudas Iskariot telah menjual Yesus untuk kepentingan pribadinya. Itulah bentuk pengkhianatan Yudas Iskariot: MENJUAL YESUS. Diri Yesus dihargai 30 uang perak. Dan itu hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Apakah pengkhianatan terhadap Yesus hanya terjadi pada jaman Yesus hidup saja? Ternyata TIDAK. Pengkhianatan terhadap Yesus masih berlangsung hingga kini. Masih ada Yudas Iskariot-Yudas Iskariot lain yang rela MENJUAL YESUS demi kepentingan pribadinya. Yesus masih terus dikhianati oleh para murid-Nya, bahkan oleh orang-orang dekat-Nya seperti Yudas Iskariot.

Seperti yang kita ketahui, Yudas Iskariot termasuk bilangan para rasul. Mereka ini selalu mengiringi Yesus. Mereka senantiasa bersama Yesus. Mereka sangat dekat dengan Yesus. Siapakah para rasul itu untuk masa kini? Mereka adalah para uskup dan para imam. Para uskup merupakan pengganti para rasul, sedangkan para imam, yang mengambil imamat dari uskup, adalah rekan kerja uskup. Karena itu, sosok Yudas Iskariot menjelma dalam diri para uskup dan para imam. Memang tidak semua uskup dan imam, sebagaimana tidak semua rasul mengkhianati Yesus.

Yang dilakukan oleh uskup dan imam yang mengkhianati Yesus ini tak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Yudas Iskariot. Mereka menjual Yesus demi mendapatkan uang dan kekayaan. Memang adalah tugas uskup dan imam untuk “menjual” Yesus agar orang lain dapat mengenal kasih dan penyelamatan-Nya. Namun yang dilakukan uskup dan imam ini adalah menjual Yesus demi kepentingan pribadinya. Lewat pewartaannya, lewat karyanya dan tindakan lainnya, mereka menjual Yesus; dan hasil penjualan itu terlihat dalam gaya hidup mewah mereka.